Daftar Arsip


PENERAPAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XII SMK NEGERI 1 PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG

By Dea Andina on July 12, 2025 10:24 AM

ABSTRAKKata kunci : Penerapan Nilai-Nilai MultikulturalPendidikan multikultural adalah suatu cara untuk mengajarkan keragaman. Gagasan pendidikan multikultural bukan merupakan hal baru di Indonesia. Meskipun demikian, pembahasan mengenai subyek ini masih sangat terbatas, khususnya di lingkungan pendidikan agama Islam. Padahal pendidikan agama juga berupaya secara sistematis untuk menanamkan suatu kesadaran tertentu berkaitan dengan ikatan kelompok keagamaan, serta bagaimana membangun pandangan dan sikap yang menghargai.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi keberagaman, peran, upaya guru Pendidikan Agam Islam dalam penerapan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan rumusan masalah yang mencakup: 1) Bagaimana kondisi keberagaman siswa/siswi dalam menyikapi perbedaan agama yang ada. 2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan nilai-nilai multikultural pada kelas XII SMK Negeri 1 Pancur Batu. 3) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SMK Negeri 1 Pancur Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kondisi keberagaman siswa/siswi dalam menyikapi perbedaan agama sangat baik. Siswa/siswi sangat menjunjung tinggi perbedaan agama dan saling menghargai. 2) peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan nilai-nilai multikultural pada kelas XII SMK Negeri 1 Pancur Batu dengan memberikan secara teori dan pratek. 3) upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SMK Negeri 1 Pancur Batu dengan mengadakan kegiatan keagamaan di setiap hari jumat, dan memberikan motivasi kepada siswa tentang nilai-nilai toleransi.

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI 106821 BANDAR BARU KECAMATAN SIBOLANGIT

By DEA ANANDA on July 12, 2025 10:22 AM

ABSTRAKPendidikan karakter adalah sebuah sistem yang menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan yang tertuang dalam undang-undang dasar no 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa: ā€œPendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri.Rumuskan penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pendidikan Karakter dalam pembelajaran (2) Apa kendala dalam mengimplementasikan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 106821 Bandar Baru.Tujuan penelitian ini ialah (1) untuk mengetahui Pendidikan Karakter dalam pembelajaran (2) Untuk mengetahui kendala dalam mengimplementasikan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 106821 Bandar Baru.Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh di lapangan kemudian disusun dengan memilih dan menyederhanakan data. Selanjutnya dilakukan penyajian data untuk dapat ditarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Apa faktor kendala dan faktor pendukung Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 106821 Bandar Baru diantaranya kurangnya sosialisasi pendidikan karakter untuk guru di sekolah tersebut (2) Bagaimana guru PAI mengimplementasikan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 106821 Bandar Baru, diantaranya adalah: kurangnya fasilitas dan sarana yang kurang lengkap dimiliki sekolah.Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Implementasi Pendidikan Karakter.

PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KUTALIMBARU

By CHAIRUNNISA on July 12, 2025 10:19 AM

ABSTRAKPerkembangan zaman pada era milenium saat ini diiringi dengan kecanggihan-kecanggihan teknologi yang dapat mempengaruhi perilaku sosial siswa, salah satu diantaranya adalah penggunaan game online secara berlebihan yang dapat menyebabkan munculnya perilaku sosial negatif pada siswa terutama pada perilaku dalam hubungan sosial baik di sekolah maupun di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai tingkat perilaku sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kutalimbaru yang terindikasi kecanduan game online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 39 siswa kelas VIII dan sampel yang digunakan sebanyak 34 siswa yang terindikasi kecanduan game online dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner perilaku sosial dengan jenis skala likert melalui angket. Berdasarkan hasil penelitian mengenai tingkat perilaku sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kutalimbaru yang terindikasi kecanduan game online diperoleh data sebanyak (6 siswa) memiliki tingkat perilaku sosial kategori tinggi sebesar 15%, (31 siswa) memiliki tingkat perilaku sosial kategori sedang sebesar 79%, dan (2 siswa) memiliki tingkat perilaku sosial kategori rendah sebesar 5%. Maka hasil dari analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat perilaku sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 yang terindikasi kecanduan game online cenderung berada pada kategori sedang. Melalui penelitian ini, diharapkan pihak sekolah maupun guru dan orang tua membuat program yang berkenaan dengan perilaku sosial yang terindikasi kecanduan game online dengan fungsi preventif ataupun kuratif.Kata Kunci: Game Online, Perilaku Sosial, Siswa

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS XI MAS DARULARAFAH DELI SERDANG

By BAYU KARISMA WIBOWO on July 12, 2025 10:17 AM

ABSTRAKKata kunci : Motivasi Belajar Siswa dan Profil Pelajar PancasilaDalam kegiatan belajar mengajar peranan motivasi sangat diperlukan,rendahnya motivasi belajar siswa sering kali diduga sebagai penyebab rendahnyakualitas lulusan sebuah sekolah swasta. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui hubungan motivasi belajar terhaadap profil pelajar pancasila pada siswakelas XI Mas Darularafah Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian statistikdeskriptif, pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitaif, dan penelitian inibersifat asosiatif dengan alat pengumpulan data berupa angket/questioner,wawancara, sampel serta dokumentasi. Dari hasil pengolahan data tentang motivasibelajar diperoleh hasil pengolahan angket yang telah di isi oleh siswa kelas XI MASDarularafah. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, reliabilitas darimotivasi belajar (variabel š‘‹) yaitu 0,757 yang berarti kuat dan reliabilitas profilpelajar pancasila (variabel š‘Œ) yaitu 0,770 yang berarti reliabel kuat. Setelahdilakukan uji prasyarat, normalitas dari motivasi belajar (variabel X) yaitu 0,177yang membuktikan motivasi belajar berdistribusi normal. Sementara normalitas dariprofil pelajar pancasila yaitu 0,200 yang menunjukan profil pelajar pancasilaberdistribusi normal. Linear hubungan dari motivasi belajar dengan profil pelajarpancasila yaitu depation from linearity š‘ = 0,617 > 0,05 dan linearity =0,295 < 0,05. artinya hubungan antar variabel linear. Jadi dapat disimpulkanvariabel motivasi belajar (X) tidak berhubungan secara signifikan terhadap variabelprofil pelajar pancasila (Y). Dari anova tabel analisis regresi sederhana padapenelitian ini diperoleh F yaitu 1.138 dan nilai sig, yaitu 0,288 > 0,05, sehinggadapat disimpulkan bahwa Ha ditiolak dan Ho diterima.

PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS XI MAS DARUL ARAFAH DELI SERDANG

By ANISA AMALIA BR. SEMBIRING on July 12, 2025 10:14 AM

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai pengaruh kecerdasan spiritual terhadap profil pelajar pancasila pada siswa kelas XI MAS Darularafah Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif . metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: 1) observasi, 2) wawancara, 3) angket dan 4) dokumentasi. Data yang terkumpul dari 4 metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian. Kesimpulan dari temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) kecerdasan spiritual pada siswa kelas XI MAS Darularafah Deli Serdang yang memiliki kategori tinggi sebanyak 7 siswa dengan persentase 6%, kategori sedang ada 100 siswa dengan persentase 90% , dan untuk kategori rendah ada 5 siswa dengan persentase 4 %. (2) Profil pelajar pancasila siswa kelas XI MAS darularafah Deli Serdang menunjukkan hasil sebagai berikut: siswa yang memiliki profil pelajar pancasila dengan kategori tinggi sebanyak 21 siswa dengan persentase 19%, kategori sedang ada 75 siswa dengan persentase 67% , dan untuk kategori rendah ada 16 siswa dengan persentase 14%. (3) Hasil uji hipotesis menggunakan product moment, diketahui hasil bahwa kecerdasan spiritual mempengaruhi profil pelajar pancasila secara signifikan. Dari analisis regresi sederhana bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dan koefisien determinan adalah 0,198, artinya indeks determinan atau persentasi variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 19,8% (sangat lemah).Kata Kunci : Kecerdasan Spiritual, Profil Pelajar Pancasila

PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL SISWA DI SMP ALMANAR MEDAN

By ALRASYID HAFIZ RAYHAN on July 12, 2025 10:12 AM

ABSTRAKPeran adalah apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajiban yang sesuai dengan kedudukannya , maka orang tersebut telah menjalankan suatu peran ketika seseorang melaksanakan hak dan kewajiban maka orang itu telah melaksanakan suatu perananan.Dalam proses pembentukan perilaku sosial terjadi karena dua faktor internal dan eksternal .Sedangkan guru merupakan tenaga pendidik yang memberikan ilmu pengetahuan pada anak didik di sekolah termasuk mengajarkan perilaku sosial siswa di SMP Almanar Medan.Akidah Akhlak merupakan salah satu pelajaran di SMP Almanar Medan dalam pelajaran ini guru mengajarkan siswa untuk berperilaku sosial kepada sesama. Diantara peran guru Akidah Akhlak untuk membentuk perilaku siswa di SMP Almanar adalah dengan cara pembiasaan,modelling atau memberikan contoh, memberikan reward dan memberikan hukuman.Hambatan guru dalam membentuk perilaku sosial yaitu dengan faktor keluarga dan faktor lingkungan.Kata kunci : Peran guru, proses, hambatan guru akidah akhlak

IMPLEMENTASI PEMBIASAAN SALAT BERJAMAAH SEBAGAI UPAYA PENDIDIKAN AKHLAK MULIA KELAS VII SMP IT DARUL MUQOMAH AL- KHOIRIYYAH DELI SERDANG

By ALFI SYAUQI on July 12, 2025 10:09 AM

ABSTRAKKata kunci: Pembiasaan Salat Berjamaah, Pendidikan, Akhlak MuliaSalat jama’ah memiliki dampak yang baik bagi siswa dan guru dalam membentuk akhlak siswa untuk lebih baik dan dapat memiliki akhlak yang mulia. Oleh karena itu, salat berjamaah yang dilakukan secara teratur dalam setiap hari terutama dilakukan dalam lingkungan sekolah akan membawa dampak positif pada diri anak itu sendirinya. banyak hikmah yang dapat diambil dan dapat berpengaruh pada perilaku keagamaan anakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembiasaan Salat Berjamaah Sebagai Upaya Pendidikan Akhlak Mulia. Dengan rumusan masalah yang mencakup: (1) Implementasi Pembiasaan Salat Berjamaah Kelas VII SMP IT Darul Muqomah Al- Khoiriyyah Deli Serdang, (2) Upaya Pendidikan Akhlak Mulia Kelas VII SMP IT Darul Muqomah Al- Khoiriyyah Deli Serdang, (3) Implementasi Pembiasaan Salat Berjamaah Sebagai Upaya Pendidikan Akhlak Mulia Kelas VII SMP IT Darul Muqomah Al- Khoiriyyah Deli Serdang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) DokumentasiTemuan penelitian ini menunjukkan. 1) Pembiasaan Salat Berjamaah berupa Salat dhuha dan Salat dzuhur berjamaah di SMP IT Darul Muqomah Al- Khoiriyyah yang menjadi imam Salat yaitu guru Pembina, pengurus OSIS atau peserta didik itu sendiri. Dilaksanakan pada jam istirahat untuk Salat dhuha dan waktu dzuhur untuk Salat dzuhur. 2) Upaya Pendidikan akhlak mulia peserta didik yaitu membiasakan peserta didik untuk melakukan hal-hal kebaikan. Kebaikan-kebaikan itu adalah hormat kepada guru dan yang lebih tua dari usia nya, bersalaman kepada guru, menjenguk teman yang sakit dan tertimpah musibah, melakukan Salat Dhuha dan Salat Dzuhur berjamaah di masjid. 3) Pembiasaan Salat Berjamaah Sebagai Upaya Pendidikan Akhlak Mulia yaitu membimbing peserta didik kearah prilaku yang baik dan untuk membentuk peserta didik yang berakhlakulkarimah

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI MACAM-MACAM AIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DI KELAS VII-D SMP DYAH GALIH AGUNG PESANTREN DARULARAFAH RAYA

By ANGGINTA BAROKAH NASUTION on July 02, 2025 05:26 PM

ABSTRAKĀ Pembelajaran ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran fiqih materi macam-macam air melalui metode mind mapping pada siswa kelas VII-D SMP Dyah Galih Agung. Meode Mind Mapping disebut metode pembelajaran yang mengembangkan peta pikiran yang menggunakan unsur memori, asosiasi, lokasi, keistimewaan serta menggerakkan otak kiri dan kanan.Ā Metodologi yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), mengambil bentuk penelitian kerjasama antara peneliti dengan teman sejawat. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengamatan (observasi) dan refleki. Setiap akhir kegiatan dilakukan refleksi sehingga kelemahan-kelemahan setiap siklus dapat dibenahi pada siklus berikutnya.Ā Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa diterapkannya metode mind mapping pada mata pelajaran fiqih materi macam-macam air dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas VII-D SMP Dyah Galih Agung dari nilai yang didapatkan yaitu pra siklus ketuntasan siswa sebanyak 30%. Dan siklus I mengalami kenaikan ketuntasan siswa yaitu 70%. Pada siklus II didapatkan pesentase 85% siswa yang telah mencapai ketuntasan, sehingga penerapan metode mind mapping terebut dapat dikatakan berhasil dalam meningkatka pemahaman belajar fiqih materi macam-macam air pada kelas VII-D SMP Dyah Galih Agung Pesantren Darularafah Raya Deli Serdang.Ā Kata Kunci: Pemahaman Belajar, Metode Mind Mapping

UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENCEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI MTs AL-MUSLIHIN KOTA BINJAI

By VARYAN MULIA MUHAMMAD on July 02, 2025 05:01 PM

ABSTRAKĀ Guru Aqidah Akhlak harus melakukan bebagai upaya untuk mengatasi keterlibatan peserta didik dalam penggunaan narkoba. Dengan melakukan penyuluhan, penyuluhan baik secara kelompok maupun perorangan dan kerjasama antara orang tua siswa. Sebagai kesadaran diri sebagai manusia yang berperan dalam pembentukan kepribadian siswa. Di MTs Al-Muslihin Binjai, para siswa mulai memasuki usai remaja, sehingga pergaulan mereka sangat rentan terhadap pengaruh narkoba, karena mereka berasal dari berbagai kalangan dan dari segala penjuru, ada yang memiliki dasar agama yang kuat, ada juga yang tidak memiliki dasar agama sedikitpun. Sehingga membutuhkan perhatian yang sangat serius, karena banyak faktor utama yang mempengaruhi gaya hidup mereka. Guru aqidah akhlak harus melakukan berbagai upaya dalam mendidik anak didik sejak dini. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Upaya Guru Aqidah Akhlak Mencegah Penyalahgunaan Narkoba di MTs Al-Muslihin Kota Binjai. Narkoba adalah zat yang jika dimasukkan ke dalam tubuh manusia, baik secara oral, diminum, dihirup atau disuntikkan dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan dan perilaku seseorang.Ā Kata Kunci: Pencegahan Terhadap Nakoba

UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI SISWA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATERI FIKIH DIKELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTALIMBARU

By TIARA UTAMI on July 02, 2025 04:47 PM

ABSTRAKLiterasi menjadi sarana pesertadidik dalam mengenal,memahami dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah.literasi juga terkait dengan kehidupan siswa,baik di rumah maupundi lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. dalam materi pembelajaran pendidikan agama Islam seperti materi fikih,dengan adanya kegiatan literasi diharapkan siswa mampu memahami materi secara mendalam melalui wawasan dan pengetahuan diluarBuku pembelajaran yang disediakan oleh sekolah.Rumusan penelitian ini adalah (1) Bagaimana minat literasi siswa kelas VIII pada materi fikih di SMP Negeri2 Kutalimbaru. (2) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan literasi pada materi fikih siswa di SMP Negeri 2 Kutalimbaru.(3) Apasaja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan literasi materi fikih siswa di SMP Negeri 2 Kutalimbaru.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui minat literasi siswa kelas VIII pada materi fikih di SMP Negeri 2 Kutalimbaru (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan literasi siswa kelas VIII pada materi fikih di SMP Negeri 2 Kutalimbaru (3) untuk mengetahui upaya guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi memotivasi dan meningkatkan literasi siswa di SMP Negeri 2 Kutalimbaru.penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data utama yaitu kepala sekolah,guru pendidikan Agama Islam,siswa kelas VIII dan sumber data tambahan berupa dokumen sekolah.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) pembiasaan literasi dengan jadwal yang berbeda, dan penerapan literasi sekolah membaca 15 menit sebelum pembelajaran, (2) upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan Agama Islam beragam,seperti membaca materi sebelum pelajaran dimulai,dilakukan apersepsi, diskusi bersama,setoran hafal,dan melakukan pembelajaran diluar kelas (3) faktor pendukung dan pemerintah, orang tua,guru,serta sarana dan prasarana yang mendukung. sedangkan faktor penghambat adalah faktor internal yaitu dari dalam diri siswa.Kata kunci : Upaya guru pendidikan Agama Islam Literasi