ABSTRAK EFEKTIFITAS METODE BERNYANYI DALAM MENGEMBANGKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS B DI R.A. DARUL INAYAH DELITUA Nama : Wanda Aprilia NPM/NIRM : 019030043 Pembimbing I : Nazaruddin, MA NIDN : 2101038701 Pembibing II : Dr. Tirta Yogi Aulia, M.Pd NIDN : 2129049001 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perencanaan pengembangan kemampuan bahasa peserta didik kelas B melalui metode bernyanyi di Ra Darul Inayah Deli Tua, (2) mengetahui pelaksanaan pengembangan kemampuan bahasa peserta didik kelas B melalui metode bernyanyi di Ra Darul Inayah Deli Tua, (3) mengetahui peran guru dalam mengembangkan kemampuan berbahasa peserta didik kelas B dengan Metode Bernyanyi di Ra Darul Inayah Deli Tua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualilatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian. Kesimpulan dari temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) Peserta didik kelas B di RA Darul Inayah merupakan anak pada usia rentang 4 sampai 5 tahun, dimana rentang usia ini masuk kedalam pengembangan bahasa Tahap Linguistik IV (Bahasa Menjelang Dewasa). Oleh karena itu, lagu-lagu yang dipilih adalah lagu-lagu sederhana yang kata-kata atau kalimatnya sering didengarkan peserta didik di dalam kesehariannya, (2) Pelaksanaan pengembangan kemampuan bahasa peserta didik kelas B melalui metode bernyanyi di Ra Darul Inayah Deli Tua terbagai dalam empat tahap. (3) Peran guru dalam mengembangkan kemampuan berbahasa peserta didik kelas B dengan Metode Bernyanyi di Ra Darul Ianyah Deli Tua yaitu sebagai demonstrator, mediator dan evaluator. Kata Kunci: Kemampuan Berbahasa, Metode Bernyanyi, Kualitatif
ABSTRAK HUBUNGAN SELF CONTROL DENGAN KEDISIPLINAN SISWAKELAS VIII SMP IT DARUL MUQOMAH AL-KHORIYAH PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG Nama : Siti Aminah NPM : 021011604 Pembimbing I : Rahmadani Fitri Ginting NIDN : 2121049003 Pembimbing II : Harun Lubis NIDN : 2129057701 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai hubungan Hubungan Self Control Dengan Kedisiplinan Siswakelas VIII SMP IT Darul Muqomah Al-Khoriyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 93 siswa yang terdiri dari siswa kelas VIII. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Angket, (2) observasi, (3) wawancara, (4) dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini kedisiplinan menunjukkan distribusi frekuensi kedisiplinan rendah sebanyak 73 responden sebesar 78% dan sedang sebanyak 20 responden sebesar 22%. Self Control menunjukkan hasil distribusi frekuensi self Control rendah sebanyak 54 responden sebesar 58% dan sedang sebanyak 39 responden sebesar 42%. Berdasarkan hasil Uji Statistik menggunakan Uji Kolerasi Spearman pada 93 responden diketahui bahwa Nilai koefesien Kolerasi sebesar 0,519 dengan taraf nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 yang berarti < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Secara statistic ada kolerasi antara Self Control dengan Kedisiplinan siswa kelas VIII SMP IT Darul Muqomah Al-Khoiriyah. Kata Kunci : Self Control, Kedisiplinan, Berhubungan
ABSTRAK PERAN WALI KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS 4 ABU DARDA SD IT AMRULLAH AKBAR KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN Nama : Siti Muliani br Sinaga NIRM : 021.16.1.1.1.I.0209 Pembimbing I : Dr.Tongat, M,Pd,I NIDN : 2108116401 Pembimbing II : Dr. Umar Mukhtar Siregar,Lc.,MA. NIDN : 2129118403 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran wali kelas dalam membentuk karakter religius siswa kelas 4 Abu Darda SD IT Amrullah Akbar Kec. Medan Tuntungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Teknik pengumpulan data dolakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap kepala sekolah dan wali kelas 4 Abu darda SD IT Amrullah Akbar kec. Medan Tuntungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran wali kelas yang memiliki peran krusial dalam membentuk karakter religius siswa, Menjadi teladan, fasilitator, pendidik, motivator dan juga pembimbing, membina dalam berkegiatan serta melakukan evaluasi dalam perkembangan spiritual dan moral para siswa. Faktor pendukung meliputi dukungan keluarga serta lingkungan sekitar yang positif sedangkan Faktor penghambat meliputi kurangnya dukungan keluarga, pengaruh lingkungan yang negatif. Adapun strategi yang digunakan wali kelas ialah keteladanan, Pendekatan dan berkolaborasi bersama orang tua siswa. Kata kunci : Wali kelas, karakter religius, siswa
ABSTRAK HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI PENGHAFALAN AL-QUR’AN PADA SANTRI PROGRAM TAHFIDZ DI PESANTREN DARUL ARAFAH RAYA KABUPATEN DELI SERDANG Nama : Siti Patimah NPM/NIRM : 021011587/ 021.16.1.1.1.I.0204 Pembimbing I : Dr. H. Harun Lubis, S.T., M.Psi. NIDN 2129057701 Pembimibing II : Putri Nurhayati Lubis, M.Pd. NIDN 2120138802 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi dalam penghafalan Al-Qur‟an pada santri program Tahfidz di Pesantren Darul Arafah Raya Kabupaten Deli Serdang. Efikasi diri merupakan keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas, sedangkan prokrastinasi adalah kecenderungan untuk menunda tugas yang seharusnya diselesaikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah 56 santri yang tidak mencapai target hafalan selama tahun 2022–2024. Data dikumpulkan melalui angket efikasi diri dan prokrastinasi, kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi (r = -0,424, p < 0,05). Artinya, semakin tinggi efikasi diri santri, maka semakin rendah tingkat prokrastinasi dalam menghafal Al-Qur‟an. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa peningkatan efikasi diri dapat menjadi strategi efektif dalam mengurangi prokrastinasi hafalan di kalangan santri tahfidz. Kata kunci: Efikasi Diri, Prokrastinasi, Penghafalan Al-Qur‟an, Santri Tahfidz.
ABSTRAK HUBUNGAN SELF CONTROL DENGAN KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA KELAS XI SMA GALIH AGUNG PESANTREN DARULARAFAH RAYA KECAMATAN KUTALIMBARU Nama : Siti Rahima NPM/NIRM : 021011588/021.16.1.1.1.I.0205 Pembimbing I : Dr.Harun Lubis, S.T., M.Psi NIDN : 2129057701 Pembimbing II : Rahmadani Fitri Ginting, M.Pd.I NIDN : 2121049003 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self Control dengan Kepribadian Islami pada siswa kelas XI SMA Galih Agung Pesantren Darularafah Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 118 siswa. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self Control dan Kepribadian Islami siswa tergolong tinggi. Uji korelasi Pearson menunjukkan nilai r = 0,362 dengan signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat hubungan positif dan signifikan antara Self Control dengan Kepribadian Islami, meskipun hubungan tersebut berada pada kategori sedang. Penelitian ini menyarankan agar pihak sekolah terus melakukan pembinaan karakter dan latihan kontrol diri dalam menunjang pembentukan Kepribadian Islami siswa. Kata Kunci: Self Control, Kepribadian Islami, Siswa, Pendidikan Islam
ABSTRAK PENGARUH ENDURANCE DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PROKRASTINASI HAFALAN AL-QUR’AN SISWI SMP IT LUQMANUL HAKIM SUNGGAL Nama : Siti Rarasati NPM/NIRM : 021011589/021.16.1.1.1.1.0206 Pembimbing I : Harun Lubis NIDN : 2129057701 Pembimbing II : Putri Nurhayati Br Lubis NIDN : 2121038802 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai pengaruh endurance dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi hafalan Al-Qur’an pada siswi SMP IT Luqmanul Hakim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswi SMP IT Luqmanul Hakim. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) angket, (2) observasi (3) wawancara (4) dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan tingkat endurance siswi SMP IT Luqmanul Hakim pada kategori tinggi sebanyak 10 responden (20%) kategori sedang sebanyak 40 responden (80%). Tingkat manajemen waktu sebanyak 10 responden (20%) kategori sedang sebanyak 40 responden (80%). Dan tingkat prokrastinasi hafalan Al-Qur’an kategori tinggi sebanyak 26 responden (52%) kategori sedang sebanyak 24 responden (48%). Kemudain Hasil uji hipotesis menggunakan product moment nilai sig dari ketiga variable tersebut sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara masing-masing variabel adalah signifikan, yang berarti endurance (X1) dan manajemen waktu (X2) terdapat hubungan yang signifikan dengan prokrastinasi hafalan Qur’an (Y) meskipun kekuatan hubungannya tergolong lemah. Kata Kunci: Endurance, Manajemen Waktu, Prokrastinasi Hafalan.AlQur’an
ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ADAB ISLAM MATERI ADAB BERTETANGGA MELALUI METODE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS VIII LEMBAGA PENDIDIKAN AL-QUR’AN MA’HAD AN -NI’MAH Nama : Syahria Putri Br Bangun NPM/NIRM : 021011601/021.16.1.1.1.I.0218 Pembimbing I : Nurainun Hasibuan NIDN : 2104048902 Pembimbing II : Harun Lubis NIDN : 2129057701 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa kelas VIII di Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Ma’had An-Ni’mah pada mata pelajaran adab islam materi adab bertetangga melalui metode two stay two stray. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi : (1) Observasi, (2) Dokumentasi, (3) Tes. Data yang terkumpul dari ketiga metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian. Kesimpulan dari temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi adab bertetangga mengalami peningkatan sebanyak 54,2 % (2) Penerapan metode two stay two stray membuat siswa lebih antuasias, aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, sehingga siswa berhasil mencapai ketuntasan klasikal di atas 85 % dan dapat dilihat dari tes tulisan yang telah diberikan guru sesuai dengan aspek berpikir kreatif, maka siswa kelas VIII dapat dikatakan mampu berpikir kreatif. Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kreatif, Metode Two Stay Two Stray
ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN KEMAPUAN SISWA DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE FLASH CARD PADA SISWA KELAS 1 DI MIS AN-NAHWA SIMPANG EMPAT NDOKUM SIROGA Nama : Oka Yulia Putri NPM/NIRM : 021011612/021.16.1.1.1.I.0228 Pembimbing I : Rahmadani Fitri Ginting, M. Pd. I NIDN : 2121049003 Pembimbing II : Nurainun Hasibuan, M.Si NIDN : 2104048902 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi huruf hijaiyah melalui penerapan media flash card di kelas I MIS An-Nahwa Simpang Empat Ndokum Siroga Tahun Ajaran 2024–2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas I sebanyak 31 orang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, lembar penilaian RPP, dan tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card secara efektif dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap huruf hijaiyah. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar dari pra siklus sebesar 32% (10 siswa), meningkat menjadi 55% (17 siswa) pada siklus I, dan mencapai 87% (27 siswa) pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media flash card dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mengenal huruf hijaiyah. Selain itu, media tersebut mampu meningkatkan semangat dan antusiasme belajar siswa, serta menjadikan proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, Media Flash Card
ABSTRAK PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAPAKHLAK MULIA SISWA KELAS VII UPT SPF SMP NEGERI 3 PANCURBATU Nama : Puspa Adelina Br Sembiring NPM/NIRM : 021011581 / 021.16.1.1.1.I.0198 Pembimbing I : Rahmadani Fitri Ginting, M.Pd.I NIDN : 2121049003 Pembimbing II : H. Harun Lubis, S.T, M.Psi NIDN : 2129057701 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai pengaruh kecerdasan spiritual terhadap akhlak mulia siswa kelas VII UPT SPF SMP NEGERI 3 PANCURBATU. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: 1) observasi, 2) wawancara, 3) angket dan 4) dokumentasi. Data yang terkumpul dari 4 metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian. Kesimpulan dari temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) Kecerdasan spiritual siswa kelas VII UPT SPF SMP NEGERI 3 PANCURBATU menunjukkan hasil sebagai berikut: siswa yang memiliki kecerdasan spiritual dengan kategori tinggi sebanyak 30 siswa dengan persentase 31%, dan kategori sedang ada 67 siswa dengan persentase 68%. (2) Akhlak mulia siswa kelas VII UPT SPF SMP NEGERI 3 PANCURBATU menunjukkan hasil sebagai berikut: siswa yang memiliki akhlak mulia dengan kategori tinggi sebanyak 87 siswa dengan persentase 88%, kategori sedang ada 10 siswa dengan persentase 10%. (3) Hasil uji hipotesis menggunakan product moment, diketahui hasil bahwa kecerdasan spiritual mempengaruhi akhlak mulia secara signifikan. Dari analisis regresi sederhana bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dan koefisien determinan adalah 0,389, artinya indeks determinan atau persentasi variable Ekstrakurikuler Pramuka mempengaruhi variabel Karakter Islami sebesar 38,9%.(Sedang) Kata Kunci : kecerdasan spiritual akhlak mulia