ABSTRAK PERAN GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VA DALAM MATERI ZAKAT PADA MIS HIDAYATUL MUBTADI IEN SAIDI TURI Nama : Abdul Rahman Rizki NPM/NIRM : 021011596/ 021.16.1.1.1.I.0213 Pembimbing I : Dr. H. Umar Mukhtar Siregar, Lc., M.A NIDN : 2129118403 Pembimbing II : Putri Nurhayati Lubis, M.Pd NIDN : 2121038802 Peran guru sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menerima materi pelajaran, khususnya pada mata Materi Zakat. Sehingga, siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan uraian di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang mendalam di Mis Hidayatul Mubtadi Ien Saidi Turi mengenai kontribusi guru atau pendidik dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata Materi Zakat agar siswa dapat memahami dan mengaplikasikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru Fikih dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas v dalam Materi Zakat pada MIS Hidayatul Mubtadi Ien Saidi Turi.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MIS Hidayatul MubtadiIen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, (2) wawancara dan (3) dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam memiliki peranan yang sangat signifikan dalam memperdalam pemahaman siswa mengenai Materi Zakat. Para guru tidak hanya berfungsi sebagai penyampai materi, tetapi juga berperan sebagai motivator, fasilitator, dan pembimbing selama proses pembelajaran. Dan strategi meningkatkan pemahaman siswa dalam Materi Zakat, yaitu: guru menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, seperti metode: a. metode ceramah b. metode demonstrasi c. metode tanya jawab Kemudian faktor yang menghambat pemahaman siswa dalam Materi Zakat meliputi sifat pasif peserta didik saat proses belajar mengajar, faktor lingkungan, termasuk pergaulan yang terbagi antara teman yang memberikan pengaruh positif dan negatif. Kata Kunci: Peran Guru, Meningkatkan Pemahaman
ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TARIKH ISLAM MATERI “ KONDISI KEPERCAYAANMASYARAKAT MADINAH SEBELUM DATANGNYA ISLAM” DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DI KELAS VII MTsS ALFAZA NASIONAL SCHOOL BERASTAGI Nama : Ade Clarita NPM : 021011611/ 021.16.1.1.1.I.0227 Pembimbing I : Nurainun Hasibuan M.Si NIDN : 2104048902 Pembimbing II : Putri Nurhayati Lubis M.Pd NIDN : 2121038802 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Tarikh Islam atau Sejarah Islam pada materi Kondisi Kepercayaan Masyarakat Madinah Sebelum Datangnya Islam. Hal ini di karenakan kurangnya penggunakaan media menarik yang membuat peserta didik jenuh dan bosan pada pembelajaran di dalam kelas, dapat dilihat dari nilai tes yang dilaksanakan peserta didik yang tidak mencapai nilai KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah (1) tingkat motivasi belajar sebelum di terapkannya media permainan ular tangga, (2) mengetahui bagimana penerapan media permainan ular tangga dalam pembelajaran, (3) mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan media permainan ular tangga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan II siklus dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII MtsS Alfaza Nasional School Berastagi berjumlah 25 orang, 11 peserta didik perempuan dan 14 peserta didik laki laki. Peserta didik terlihat aktif dan senang mengikuti pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Tarikh Islam menggunakan media permainan ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kata kunci :Motivasi Belajar, Media Permainan Ular Tangga
ABSTRAK PERAN GURU TAḤFĪẒ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’ĀNPESERTADIDIKDI SMP IT AL-IKRAM ISLAMIC SCHOOL MEDAN Nama : Ade Erba Yani Harahap NPM/NIRM : 021011561/021.16.1.1.1.1.0178 Pembimbing I : Dr.Tongat, M.Pd.I NIDN 2108116401 Pembimbing II : Dr. Sofyan, M.A. NIDN 21070475 Saat ini peserta didik menghadapi banyak tuntutan, sehingga menghafal AlQur‟ān bisa menjadi salah satu beban tambahan bagi beberapa siswa. Mereka membutuhkan waktu khusus untuk belajar secara rutin. sehingga guru Taḥfīẓ ditantang mampu membangkitkan minat peserta didik dalam menghafal AlQur‟ān. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bimbingan guru Taḥfīẓ di SMP IT Al-Ikram Islamic School Medan meningkatkan motivasi peserta didik dalam menghafal Al-Qur‟ān. Dengan Metode yang digunakan adalah kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan hasilnya, guru Taḥfīẓ berhasil membangun kebiasaan murāja„ah peserta didik baik itu disekolah maupun dirumah dan mampu memotivasi peserta didik agar lebih semangat lagi menghafal dan memperbaiki bacaan dan hafalan Al-Qur‟ānnya. Kata Kunci: peran guru Taḥfīẓ, motivasi, Al-Qur‟ān
ABSTRAK PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK IT ATIFAH DESA SUKA MAJU KEC SUNGGAL KAB DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2024-2025 Nama : Ayu Nova Oxtafanti Simanjuntak NPM/NIRM : 021030070/1.16.1.2.2.1.0243 Pembimbing I : Tirta Yogi Aulia NIDN : 2129049001 Pembimbing II : Efrimanda Sari Hasibuan NIDN : 2123049102 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelassan mengenai implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini melalui metode keteladanan dan pembiasaan di TK Mutiara Taqwa Desa Sukaraya Kecamatan Pancur Batu, dengan rumusan masalah yang mencakup (1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter di TK IT Atifah? (2) Bagaimana peran guru dalam pendidikan karakter pada anak usia dini di TK IT Atifah? (3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pada anak usia dini? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam pendidikan karakter anak usia dini adalah salah satu system pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik. Penerapan pendidikan karakter dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Kata Kunci : Peran Guru, Implementasi Prndidikan Karakter, Anak Usia Dini.
ABSTRAK PEMBERIAN MAKANAN SEHAT PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AL-KHAIRIYAH DELI TUA Nama : Litin Mahda Tamali NPM/NIRM : 021030076/021.16.1.2.2.1.0249 Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe NIDN : 2121078402 Pembibing II : Efrimanda Sari Hasibuan NIDN : 2123049102 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pemberian makanan sehat di TK Islam Al-Khairiyah sebagai upaya mendukung tumbuh kembang anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program makanan sehat dilaksanakan melalui penyusunan menu bergizi yang sederhana dan terjangkau, edukasi tentang pentingnya gizi, serta pelibatan aktif anak dalam kegiatan makan sebagai bagian dari pembiasaan pola hidup sehat sejak dini. Guru berperan penting sebagai pendidik dan pembimbing yang memberikan contoh perilaku makan sehat serta bekerja sama dengan orang tua. Kepala sekolah turut merancang strategi, menyusun kebijakan, dan menjalin komunikasi dengan orang tua guna mendukung program. Faktor pendukung program meliputi tersedianya fasilitas makan, keterlibatan orang tua, serta komitmen sekolah. Hambatan yang dihadapi antara lain keterbatasan dana dan fasilitas dapur, kebiasaan anak yang memilih-milih makanan, serta kurangnya dukungan dari lingkungan rumah. Meskipun demikian, pihak sekolah terus melakukan penyesuaian agar program tetap berjalan secara efektif dan berkelanjutan. Kata Kunci : Pemberian Makanan Sehat, Anak Usia Dini, TK Islam Al-Khairiyah
ABSTRAK EVALUASI PROGRAM TAHFIDZ DI TK IT AHSAN SYAMIL DESA MEDAN KRIO KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2023/2024 Nama : Nurhasanah Pertiwi Siregar NPM/NIRM : 021030067/ 021.16.1.2.2.1.0240 Pembimbing I : Tirta Yogi Aulia NIDN : 2129049001 Pembimbing II : Paradita Kumala Lemmy NIDN : 2110119103 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelassan mengenai evaluasi program tahfidz di TK IT AHSAN syamil desa medan krio kecamatan sunggal kabupaten deli serdang tahun ajaran 2023/2024, dengan rumusan masalah yang mencakup (1) Bagaimana evaluasi Konteks (Context) Program Tahfidz di TK IT Ahsan Syamil Desa Medan Krio? (2) Bagaimana evaluasi Masukan (Input) Program Tahfidz di TK IT Ahsan Syamil Desa Medan Krio? (3) Bagaimana evaluasi Proses (Process) Program Tahfidz di TK IT Ahsan Syamil Desa Medan Krio? (4) Bagaimana evaluasi Produk (Product) Program Tahfidz di TK IT Ahsan Syamil Desa Medan Krio? Penelitian ini menggunakan evaluasi model CIPP dengan jenis penelitian kualitatif deksriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi konteks (context) adalah visi, misi dan tujuan program tahfidz sudah berjalan dengan baik. Evaluasi masukan (input) adalah sumber daya manusia/tenaga pendidik, sarana prasarana, dan sumber anggaran juga sudah berjalan dengan baik hanya saja pada sumber daya manusia/tenaga pendidik tidak adanya atran yang konsisten. Evaluasi proses (prosess) adalah modul ajar/RPPH, metode, media, fakor pendukung dan penghambat serta peserta didik juga sudah berjalan dengan baik hanya saja pada modul ajar/RPPH perlu dibuat, penggunaan media agar lebih dioptimalkan serta pemilihan metode saat mengajar agar anak tidak bosan, dan bisa lebih memaksimalkan kekondusifan kelas. Evaluasi produk (product) adalah ketercapaian target, penanaman nilai-nilai Al-Qur’an dan prestasi juga sudah berjalan dengan sangat baik walaupun dari 39 peserta didik ada 3-5 anak yang belum mencapai target akan tetapi program ini sudah dapat dikatakan berhasil Kata kunci: Evaluasi, Program Tahfidz, Model Contexs, Input, Proses, Product (CIPP)
ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ALFABET MENGGUNAKAN METODE MULTISENSORI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK IT LUQMANUL HAKIM SEI MENCIRIM KEC. SUNGGAL KAB. DELI SERDANG T.A 2024-2025 Nama : Putri NPM/NIRM : 020030068/021.16.1.2.2.1.0241 Pembimbing I : Dr. Tirta Yogi Aulia, M.Pd NIDN : 2129049001 Pembimbing II : Fadhilatun Mahfudzah, M.Pd NIDN : 2122059002 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf alfabet melalui metode multisensori pada anak usia 3–4 tahun di TK IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Tahun Ajaran 2024–2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Materi yang digunakan dibatasi pada lima huruf pertama dalam alfabet, yaitu huruf A sampai E, karena disesuaikan dengan usia anak yang masih berada pada tahap playgroup. Metode multisensori yang digunakan menggabungkan pendekatan visual, auditori, kinestetik, dan taktil untuk mendukung proses belajar anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf A–E secara signifikan. Pada pra-siklus, hanya 8 anak (40%) yang mengenal huruf dengan baik. Setelah tindakan siklus I meningkat menjadi 12 anak (60%), dan pada siklus II mencapai 17 anak (85%). Peningkatan sebesar 45% ini menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,75, yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode multisensori efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 3–4 tahun. Kata kunci: metode multisensori, mengenal huruf, anak usia dini.
ABSTRAK STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NAFLI SCHOOL DESA HULU KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2024-2025 Nama :Rara Putri Adinda NPM/NIRM : 021030084/021.16.1.2.2.1.0257 Pembimmbing I : Efri Manda Sari, M.Psi NIDN : 2123049102 Pembimbing II : Hestika Dewi Sitepu, M.Pd NIDN : 2102069402 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru kelas Dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Nafli School Desa Hulu Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli serdang, Tahun ajaran 2024-2025. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Aspek sosial emosional merupakan bagian penting dalam perkembangan anak usia dini yang mencakup kemampuan mengenali dan mengelola emosi, membangun hubungan sosial yang positif,serta menunjukkan sikap empati dan kemandirian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas menggunakan beberapa strategi dalam pengembangan sosial emosional anak yaitu melalui metode bermain peran, bercerita, Kooperatif , dan Outbound. Strategi tersebut diterapkan secara terpadu dalam kegiatan pembelajaran. Strategi yang diterapkan terbukti efektif dalam membentuk anak mengembangkan keterampilan sosial emosional secara optimal. Kata Kunci : Strategi Guru, Sosial Emosional, Anak Usia Dini.
ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MODEL BERMAIN KARTU HURUF DI TK IT AL-IKHLAS KECAMATAN STM HULU Nama : Ratih Wulan Dari NPM/NIRM : 021030081/021.16.1.2.2.1.0254 Pembimbing I : Dr. Tirta Yogi Aulia, M.Pd NIDN : 2129049001 Pembimbing II : Fadhilatun Mahfudzah, M.Pd NIDN : 2110119103 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan huruf abjad sebelum memahami bacaan pada anak usia dini, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan media kartu huruf di TK ITAl-Ikhlas Rumah Sumbul Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu pada kelompok B di Tahun 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dalam pelaksanaannya dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak didik di kelompok B yang berjumlah 9 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada kelompok B di TK IT AlIkhlas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf abjad dapat ditingkatkan melalui media kartu huruf, hal ini dilihat dari semakin meningkatnya persentase anak dalam mengenal huruf abjad pada setiap kegiatan. Dari penelitian yang telah dilakukan mulai pra siklus mencapai 26% dengan menggunakan metode dan media yang ada di sekolah tersebut. Pada siklus I kemampuan mengenal huruf meningkat menjadi 56%, tetapi hasil ini masih belum seperti yang diharapkan. Sehingga dilakukan lagi siklus II dengan media yang sama dan hal ini membuat peningkatan lagi hingga mencapai 89%. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kartu Huruf, Media Pembelajaran, Huruf Abjad