ABSTRAK DAMPAK HAK ANAK AKIBAT PERKAWINAN DIASPORA DALAM HUKUM INTERNASIONAL DAN HUKUM ISLAM Nama : Lusiana NPM/NIRM : 021020057 Pembimbing I : Reza Saputra, S.H, M.Kn NIDN : 2120129101 Pembimbing II : Riri Silvia, M.A NIDN : 2105047701 Abstrak Penelitian ini membahas perlindungan hak anak dalam perkawinan diaspora, khususnya dalam perspektif hukum internasional dan hukum Islam. Latar belakang masalah berangkat dari lemahnya implementasi Konvensi Hak Anak di Indonesia, terutama terkait perlindungan anak hasil perkawinan campuran yang tidak diatur secara rinci dalam UU Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974, serta ketidakjelasan status hukum anak ketika perceraian terjadi di luar negeri tanpa pencatatan di Indonesia. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif hukum normatif melalui studi kepustakaan, ditemukan bahwa perkawinan diaspora seringkali menimbulkan ketidakpastian status hukum dan kewarganegaraan anak, sehingga berpotensi melanggar hak-hak dasar anak sebagaimana dijamin Pasal 7 Konvensi Hak Anak. Hukum Islam menegaskan perlindungan nasab dan nafkah anak, namun penerapannya menghadapi tantangan di ranah lintas negara akibat perbedaan sistem hukum. Selain itu, fragmentasi hukum antarnegara menyebabkan lemahnya perlindungan hak anak lintas yurisdiksi, terutama jika tidak ada pengakuan timbal balik. Penelitian ini menekankan pentingnya harmonisasi antara hukum nasional, internasional, dan hukum Islam guna menjamin perlindungan optimal bagi anak hasil perkawinan diaspora, serta perlunya kerja sama antarnegara dalam menyusun mekanisme perlindungan hak anak secara universal agar tidak terjadi kekosongan hukum dan perlindungan. Kata Kunci: Perkawinan diaspora, hak anak, kewarganegaraan, perlindungan hukum
ABSTRAKNGGALARI UTANG ADAT MAN KALIMBUBU DALAM PERNIKAHAN MASYARAKAT KARO DALAM PERSPEKTIF ISLAM DI DESA NAMO RUBE JULU KECAMATAN KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG Nama : Riku Ternama Gurusinga NPM/NIRM : 021020063/021.16.1.1.1.l.0202 Pembimbing I : Dr. Evriza Noverda Nasution, M.A NIDN 2124118101 Pembimbing II : Reza Saputra, S.H, M.,Kn NIDN 2120129101 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai praktik Nggalari Utang Adat Man Kalimbubu dalam pernikahan masyarakat Karo serta bagaimana tradisi ini dipahami dan dipraktikkan dalam perspektif hukum Islam di Desa Namo Rube Julu, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) observasi langsung, (2) wawancara mendalam dengan tokoh adat dan masyarakat, serta (3) dokumentasi terhadap praktik adat dan dokumen adat yang ada.Data yang terkumpul dari ketiga metode tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif-kualitatif untuk mendapatkan gambaran nyata mengenai pelaksanaan adat dan kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip Islam. Kesimpulan dari temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Nggalari Utang Adat Man Kalimbubu dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan pelunasan utang adat dari pihak laki-laki kepada pihak perempuan dalam bentuk upacara adat yang melibatkan doa, pembacaan adat, makan bersama, dan pemberian sesajen. (2) Makna dan tujuan tradisi ini adalah untuk menjaga kehormatan keluarga, mempererat hubungan kekerabatan, serta memenuhi kewajiban adat dalam pernikahan masyarakat Karo. (3) Dalam perspektif Islam, selama tidak mengandung unsur syirik atau mudarat, praktik ini dipandang sebagai adat yang dapat dijalankan karena mendukung nilai-nilai kekeluargaan dan silaturahmi. (4) Pemahaman masyarakat terhadap adat ini mulai berkurang di era modern, terutama di kalangan generasi muda, sehingga perlu ada upaya pelestarian dan penyesuaian agar adat tetap berjalan selaras dengan ajaran Islam. Kata Kunci: Nggalari Utang Adat, Kalimbubu, Pernikahan Karo, Hukum Islam.
ABSTRAK ANALISIS KONSEP “CHILDFREE” DALAM PERSPEKTIF MAQOSID SYARI’AH Nama : Zainuddin Ritonga NPM/NIRM : 021020056/021.16.2.1.1.I Pembimbing I : Dr. Evriza Noverda Nasution, M.A NIDN : NIDN: 2124118101 Pembimbing II : Dr. H. Usman Betawi, M.HI NIDN : 2120098204 Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana Konsep “Childfree” Dalam Perspektif Maqosid Syari’ah. Konsep childfree adalah keputusan yang diambil oleh pasangan suami istri untuk tidak memiliki anak. Metode penelitian yang dipakai dalam studi ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang dilakukan di perpustakaan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk buku, jurnal periodik, artikel ilmiah, dokumen sejarah, dan materi perpustakaan lainnya yang menjadi rujukan laporan ilmiah. Peneliti menggunakan pendekatan hukum normatif untuk menemukan hukum terkait Konsep Childfree dalam maqosid syari’ah atau maksud dan tujuan dari hukum Islam. Adapun hasil dari penelitian ini dari yang peneliti lakukana adalah: pertama: Konsep childfree. Pada dasarnya childfree diperbolehkan karena tidak ada aturan dan nas atau dalil yang tegas dalam mengaturnya. Kedua, Konsep pernikahan dalam Islam. Pernikahan dalam Islam merupakan perjanjian yang sah untuk menghalalkan interaksi antara seorang lakilaki dan perempuan yang tidak memiliki hubungan muhrim, serta menetapkan hak dan kewajiban di antara mereka. Ketiga, Hukum childfree dalam perspektif Maqosid Syari’ah adalah tergantung pada asbab (penyebab) nya. Jika penyebabnya berdasarkan daruriyat (darurat) maka diperbolehkan untuk melakukan childfree. Namun apabila berdasarkan hajjiyat dan taksiniayat maka belum dapat dikategorikan hal yang bahaya atau urgen, apalagi tanpa ada dalil dan nas yang mengatur atau memperkuat suatu kedaan atau hukum tertentu, maka hukum childfree dilarang atau hukumnya haram. Kata kunci: Konsep, Childfree, Perspektif, Maqashid Syariah.
ABSTRAK UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA IQRO’ MENGGUNAKAN MEDIA BUSY BOOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DITK IT AL-IKHLAS RUMAH SUMBUL KECAMATAN STM HULU Nama : Susi Wahyuni NPM/NIRM : 020030059/020.16.1.2.2.1.0437 Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe NIDN : 2121078402 Pembimbing II : Tirta Yogi Aulia NIDN : 2129049001 Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perkembangan moral anak sebelum menggunakan model pembelajaran lagu anak islami di RA Ummu Hafidzah, Kecamatan Biru–biru. (2) Untuk mengetahui perkembangan moral anak setelah menggunakan model pembelajaran lagu anak islami di RA Ummu Hafidzah, Kecamatan Biru–biru. (3) Untuk mengetahui hambatan dalam upaya peningkatkan perkembangan moral anak usia dini dengan model pembelajaran lagu anak islami di RA Ummu Hafidzah Desa Candirejo Kecamatan Biru-Biru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah 16 orang Kelas Melati di RA Ummu Hafidzah Desa Candirejo Kecamatan Biru-Biru. Sedangkan objek penelitian ini yaitu Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75% anak mengalami peningkatan perkembangan moral melalui model pembelajaran lagu anak islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan moral anak meningkat setelah adanya tindakan melalui model pembelajaran lagu anak islami. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase perkembangan moral sebesar 35.49%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 55.58% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 71.43% Selanjutnya karena Siklus I dan II belum mencapai target capaian, maka dilakukan Siklus III, pada pelaksanaannya mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu 81.92%. KataKunci: Perkembangan Moral, Lagu Anak Islami
ABSTRAK UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA IQRO’ MENGGUNAKAN MEDIA BUSY BOOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DITK IT AL-IKHLAS RUMAH SUMBUL KECAMATAN STM HULU Nama : Sri Widayanti NPM/NIRM : 021030087/019.16.1.2.2.1.0970 Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe NIDN : 2121078402 Pembimbing II : Tirta Yogi Aulia NIDN : 2129049001 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan huruf hijaiyah sebelum membaca Iqro’ pada anak usia dini, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan media busy book di TK ITAl-Ikhlas Rumah Sumbul Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu pada kelompok B di Tahun 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dalam pelaksanaannya dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak didik di kelompok B yang berjumlah 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran busy book dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah kelompok B di TK ITAlIkhlas Rumah Sumbul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf hijaiyah dapat ditingkatkan melalui media busy book, hal ini dilihat dari semakin meningkatnya persentase anak dalam mengenal huruf hijaiyah pada Iqro’. Dari penelitian yang telah dilakukan mulai pra siklus mencapai 56,2% dengan menggunakan metode dan media yang ada di sekolah tersebut. Pada siklus I kemampuan mengenal huruf meningkat menjadi 73,7%, tetapi hasil ini masih belum seperti yang diharapkan. Sehingga dilakukan lagi siklus II dengan media yang sama dan hal ini membuat peningkatan lagi hingga mencapai 92,5%. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Busy Book, Media Pembelajaran, Huruf Hjaiyah, Iqro’
ABSTRAK UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE (MENEMPEL) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT LUQMANUL HAKIM SEI MENCIRIM KECAMATAN SUNGGAL Nama : Sarmila NPM/NIRM : 020030049/020.16.1.2.2.I.0428 Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe NIDN : 2121078402 Pembimbing II : Tirta Yogi Aulia NIDN : 2129049001 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan kolase (menempel) pada anak usia dini, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan media kolase (menempel) di TK IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim Kecamatan Sunggal pada kelompok B di Tahun 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dalam pelaksanaannya dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak didik di kelompok B yang berjumlah 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah melalui kegiatan kolase (menempel) dalam meningkatkan keterampilan motorik halus kelompok B di TK IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus dapat ditingkatkan melalui kegiatan kolase (menempel), hal ini dilihat dari semakin meningkatnya persentase anak dalam keterampilan motorik halus. Dari penelitian yang telah dilakukan mulai siklus I mencapai 66,3% dengan menggunakan metode dan media yang ada di sekolah tersebut. Pada siklus II keterampilan motorik halus meningkat menjadi 77,7%, dengan ini keterampilan motorik halus anak setelah melakukan kegiatan kolase (menempel) sudah mencapai berkembang dengan baik. Kata Kunci: Peningkatan Keterampilan, Motorik Halus, Anak Usia Dini
ABSTRAK STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI RA UMAR MIRZA MARINDAL II Nama : Rizky Salsabila Putri NIRM : 02.00.30.055 Pembimbing I : Tirta Yogi Aulia NIDN : 2129049001 Pembimbing II : Efri Manda Sari Hasibuan NIDN : 2123049102 Kreativitas merupakan suatu proses mental individu yang melahirkan gagasan, proses, yang efektif yang bersifat imajinatif, estetis, fleksibel, integrasi, suksesi. Pengembangan kreativitas sangat penting dikembangkan sejak dini karena kreativitas sangat berpengaruh sekali dalam pengembangan aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Fakta ditemukan bahwa peserta didik di RA UMAR MIRZA ada yang sudah cukup baik tingkat kreativitasnya. Ada pula sebagian anak yang masih kurang dalam kreativitasnya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA UMAR MIRZA; 2) Untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA UMAR MIRZA; dan 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA UMAR MIRZA. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari analisis data disimpulkan bahwa: (1) strategi guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA UMAR MIRZA, yaitu: (a) pengembangan hasta karya (b) pengembangan imajinasi (c) pengembangan eksplorasi (d) pengembangan eksperimen (e) pengembangan proyek (f) pengembangan musik dan (g) pengembangan bahasa (2) Peran guru sebagai dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di RA UMAR MIRZA adalah merangsang imajinasi, membebaskan anak berkreasi, memberikan pujian pada anak. (3) faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA UMAR MIRZA, yaitu: (a) faktor pendukung: iklim dan kondisi lingkungan, peran guru, serta peran orang tua; dan (b) faktor penghambat: rangsangan mental, alat perkusi yang masih kurang, dan kondisi anak yang lelah. Kata Kunci: Guru, Kreativitas, Anak Usia Dini
ABSTRAK PERUBAHAN PERILAKU KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI SENI TARI DI RA DARUL INAYAH Nama : Nur Indah Octaviani NPM : 020030050 Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe NIDN : 2121078402 Pembimbing II : Tirta Yogi Aulia NIDN : 2129049001 Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Seni Tari, Kualitatif Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran seni tari pada anak usia dini di RA Darul Inayah (2) Untuk mengetahui proses perubahan perilaku kecerdasan emosional anak usia dini melalu pembelajaran seni tari di RA Darul Inayah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualilatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian. Kesimpulan dari temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) Secara keseluruhan, hasil wawancara menunjukkan bahwa RA Darul Inayah mengadopsi pendekatan yang holistik dalam mengintegrasikan seni tari ke dalam pembelajaran anak usia dini, dengan fokus pada pengembangan kecerdasan emosional. Sekolah tidak hanya menekankan pada teknik seni tari, tetapi juga pada pembentukan karakter, kepercayaan diri, dan kreativitas anak-anak. Program-program seni tari yang diselenggarakan, pendekatan pengajaran guru yang holistik, dan interaksi positif antara guru dan murid serta antar sesama murid, semuanya berperan penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan kecerdasan emosional anak-anak. (2) Berdasarkan hasil wawancara, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran seni tari di RA Darul Inayah memiliki dampak yang signifikan dalam pengembangan ekspresi emosional anak usia dini. Pendekatan holistik dalam pembelajaran seni tari, dukungan dari orang tua, evaluasi praktis, kedalaman pengalaman emosional anak-anak, dan hubungan sosial yang positif antara sesama anak menjadi faktorfaktor kunci yang memperkuat proses perubahan perilaku kecerdasan emosional. Hal ini menunjukkan bahwa seni tari bukan hanya sebagai aktivitas artistik, tetapi juga sebagai alat penting dalam membentuk dan meningkatkan kecerdasan emosional anak-anak
ABSTRAK STRATEGI GURU DALAM PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA. AMRULLAH AKBAR KEC. MEDAN TUNTUNGAN Nama : Maylisa Zikra Kirani Laia NIRM : 019.16.1.2.2.I.0959 Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe NIDN : 2121078402 Pembimbing II : Efri Manda Sari Hasibuan NIDN : 2123049102 Kata kunci : Guru, Perkembangan Emosional, Anak Usia Dini Perkembangan emosional merupakan proses dimana seseorang beradaptasi untuk memahami situasi dan emosi dalam berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya , mendengarkan, mengamati dan meniru yang mereka lihat. Perkembangan emosional sangat penting di kembangkan sejak dini karena ini merupakan fondasi untuk interaksi dan hubungan mereka dengan orang lain di masa depan. Melalui perkembangan ini, anak mulai memahami dan mengelola emosi, serta belajar cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan Orang lain secara efektif. Fakta ditemukan bahwa masih banyak anak yang mengalami hambatan dalam perkembangan emosinalnya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan perkembangan emosioanal anak usia 5-6 tahun di RA. Amrullah Akbar Kec. Medan Tuntungan; 2) Untuk mengetahui bagaiamana startegi yang telah digunakan guru dalam meningkatkan perkembangan emsional anak 3) untuk mengetahui apa saja permasalahan yang biasa di alami oleh anak dalam perkembangan emosionalnya Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan jenis Field Research yaitu data yang diambil dari lapangan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari analisis data disimpulkan bahwa: (1) perekembangan emosional anak usia 5- 6 tahun di RA Amrullah Akbar cukup baik dan terarah yang dimana sudah banyak anak yang mandiri terhadap dirinya sendiri, sudah memahami bagaimana artinya mengalah dan berbagi, sudah mengenali jenis-jenis perasaan masing-masing yang memudahkan anak percaya diri menyampaikan apa yang mereka rasakan 2) strategi yang digunakan guru selama proses KBM berlangsung yaitu ternyata dengan menanamkan sikap pro sosial, tanggung jawab, dan kemandirian yang dimana lewat pembalajaran yang berlangsung seperti saat sholat dhuha berjamaah, senam pagi, baris – berbaris dilapangan, makan, dan belajar guru menyelipakan edukasi mengenai sikap pro sosial, rasa kesadaran diri dan tanggung jawab tersebut. 3) ternyata dalam perkembangan emosionalnya banyak sekali hambatan dan masalah yang biasa di alami anak yaitu kekurangan afektif, cemas, Hypersensitive yang dimana ini merupakan sering terjadi tetapi banyak lingkungan sekitar yang kurang menyadari dan mengangap anak itu pemalas dan nakal.